Lilypie Fourth Birthday tickers Lilypie First Birthday tickers

Selasa, 06 April 2010

On - Off

Mengamati perkembangan Della yang mulai menginjak usia 4 tahun mama makin menyadari Della sudah tumbuh cepat, perasaan mama waktu Della 2 tahun merasa Della sudah besar dan berharap banyak untuk cepat mandiri. Setiap kali melihat anak-anak umur 2 tahun yg digendong atau di gandeng orang tuanya mama sadar bahwa masa itu juga masih kecil, jadi merasa agak bersalah menuntut Della untuk mandiri..Tapi usia Della yang menginjak 4 tahun sudah waktunya untuk mandiri seperti makan sendiri, ke toilet sendiri, main sendiri tanpa didampingi mama lagi.

Kemandirian Della sich sudah bagus makan sendiri, main sendiri dan ke toilet sendiri dan belajar sendiri serta ke kinde tanpa merepotkan mama yg sudah sibuk dengan adik Della. Hanya saja kadang kemandiriannya on - off merasa cemburu ketika mama sibuk dengan adik Jonathan. Untuk mencari perhatian mama untuk pipis aja minta dianter, rasanya mama jengkel banget padahal kalau tengah malam tidur dan bangun pengin pipis bisa bangun dan pipis sendiri tanpa mama. Soal kedisiplinan Della juga kadang on - off yang biasanya kalau mau tidur gosok gigi, ganti baju tidur dan berdoa kdg menjadi tidak mau melakukan sendiri tetapi hrs dengan mama, sedangkan dede Jo juga nangis perlu menyusui..jadi repot dech.

Mengajarkan Della untuk tidur sendiri di kamarnya juga masih belum maksimal krn tengah malam kdg masih cari2 mama.
Bermain bagi Della juga nggk ada habisnya..rasanya energinya nggak habis2..dari pagi nyanyi, nari2, lompat, bermain dengan mainan sampe nulis, mewarnai dan bercerita..nah bagian untuk merapikan mainan bagian yg sering on - off juga. Kalau manis Della merapikan semua mainan dan buku2 nya pada tempatnya tapi kalau nggak mood dia bilang..mama please help me to tidy up...jd yach dia nggak mau sendirian untuk merapikan.

Untuk makan sendiri juga kadang on - off, biasanya sebelum makan berdoa dan makan sendiri tp juga minta mama yang suapin buat Della kalau butuh perhatian..dan minta dede di taruh di cot supaya bisa suapin makan untuk dirinya.

Gimana yach supaya kemandiriannya nggak on - off ?




2 komentar:

Nicholas NJB mengatakan...

kayaknya itu wajar deh Mbak buat anak2, Iko juga begitu. Awalnya aku stress juga kayaknya kok harus ajarin trus dari awal ya, tapi dipikir lagi mungkin itu juga salah satu dia untuk cari perhatian (apalagi buat della yang harus "berbagi mama")jadi aku gak mau terlalu nuntut dia untuk selalu nurut. Nti punya anak terlalu nurut juga jadi pasif dan kurang inisiatif, biarin dia berkembang menurut umurnya. Apalagi katanya anak cewek lebih cepat dewasa dari anak cowok, jadi pasti bentar lagi della pasti lebih lama "on-nya" dan bantu jaga dede juga, ya kan Del? :)

JN Della Pereira mengatakan...

Iya Fan, emang harus sabar untuk mendidik anak, semua khan proses nggk langsung jadi..he..he kadang aku yg penginnya Della nurut, emang bener juga kl terlalu nurut jg nggk bagus malah nanti nggk kreatif dan krg inisiatif krn merasa takut salah.Thanks